7 Minuman Khas Indonesia Yang Pas Untuk Menghangatkan Tubuh

Negara Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang nikmat dan lezat dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Jenis kuliner di Indonesia cukup beragam yang mencakup berbagai macam kuliner dari jenis minuman maupun makanan yang bercita rasa khas. Selain itu, di Indonesia, hampir setiap daerah memiliki beragam jenis kuliner yang berbeda-beda yang membuat jenis kuliner disini sangat bervariasi.

Diantara berbagai macam jenis kuliner di Indonesia, salah satu yang cukup digemari adalah jenis minuman. Minuman di Indonesia memiliki banyak sekali ragam dan beberapa diantaranya biasa disajikan sebagai minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Pembuatan berbagai minuman tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai alat modern yang dijual di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Berikut adalah beberapa jenis minuman hangat khas Indonesia yang sangat pas diminum untuk menghangatkan tubuh:

STMJ (Susu Telor Madu Jahe)

STMJ atau Susu Telor Madu Jahe merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang pas diminum untuk menghangatkan tubuh. Jenis minuman ini memadukan susu yang dicampur dengan telur mentah, madu, dan jahe yang diseduh dengan air panas. Susu telur madu jahe merupakan salah satu minuman hangat khas dari Jawa Timur khususnya dari wilayah Malang.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah salah satu jenis wedang dari Jogjakarta yang dibuat dengan menyeduh beberapa daun dengan air panas. Nama wedang uwuh berasal dari bahasa Jawa dengan kata wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Warna yang dihasilkan dari dedaunan tersebut menghasilkan warna merah pada wedang uwuh dan memiliki rasa manis pedas dengan aroma harum.

Secang

Secang adalah jenis minuman yang biasa juga disebut wedang secang dan berasal dari Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur. Bahan untuk membuat wedang ini terdiri dari kayu secang, gula, daun pandan dan bahan lainnya yang diseduh dengan air hangat. Minuman khas Mojokerto ini bisa disajikan sebagai minuman hangat maupun disajikan dingin dengan tambahan es.

Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat dan manis yang merupakan salah satu kuliner khas Sunda dari Provinsi Jawa Barat. Terbuat dari campuran santan kelapa yang dicampurkan dengan gula aren serta tambahan daun pandan, bajigur sangat nikmat disajikan hangat. Sebagai pelengkap, biasanya bajigur dinikmati bersama dengan berbagai jenis makanan ringan seperti pisang goreng, kacang rebus, maupun singkong rebus.

Bandrek

Bandrek adalah minuman sejenis dengan bajigur yang juga berasal dari Jawa Barat terutama di beberapa daerah yang dingin. Campuran bahan yang digunakan pada bandrek sedikit berbeda dari bajigur dimana bandrek menggunakan ekstrak jahe, gula merah, dan kayu manis. Beberapa orang percaya, bahwa bandrek cukup berkhasiat sebagai alternatif untuk menyembuhkan radang tenggorokan, masuk angin, dan sejenisnya.

Sarabba

Sarabba merupakan salah satu jenis minuman hangat yang berasal dari kota Makassar di provinsi Sulawesi Selatan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sarabba terdiri dari jahe merah, gula aren, dan krimer yang diseduh dengan air panas. Rasanya hampir mirip dengan bandrek dan sangat pas diminum sebagai minuman penghangat tubuh ketika cuaca sedang dingin.

Teh Talua

Teh Talua merupakan salah satu minuman penghangat tubuh khas dari masyarakat Minang di provinsi Sumatera Barat. Minuman ini terbuat dari teh dengan kuning telur yang diseduh dengan air panas serta ditambah gula dan jeruk nipis. Banyak orang percaya khasiat teh talua yang bisa meningkatkan stamina tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih sehat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *