Pentingnya Pramuka untuk Generasi Pemuda

Sedari dini kita sudah di perkenalkan untuk mengikuti pramuka di sekolah, dimulai dari saat sekolah dasar dan tetap dilanjutkan saat sekolah menengah. Mungkin orangtua kita akan bertanya-tanya apa manfaat dan pentingnya ikut pramuka?

Kegiatan pramuka sangatlah penting sebagai wadah untuk pembentukan karakter watak pemuda dan pemudi penerus bangsa. Di pramuka anak-anak diberi pendidikan untuk membentuk karakter yang mencakup banyak hal, seperti melatih kedisiplinan, kecapakan saat berfikir, sopan santun, jiwa gotong royong, dan melatih menjadi orang yang kreatif. Pramuka sangat melatih kecakapan kita untuk memecahkan masalah dengan cara yang kreatif.

Tak lupa pula di Pramuka kita di ajarkan cara bertahan hidup di keadaan genting dan dialam terbuka tanpa bantuan orang terdekat atau keluarga, ini sangat melatih kemandirian. Dalam hal tentang kreatifitas, mengikuti pramuka dapat mengajarkan kita bagaimana cara menggunakan atau memanfaatkan alat alat yang ada disekitar kita apalagi saat kegiatan luar ruangan. Pramuka sangat penting untuk kita karena kita belajar melalui praktik langsung yang sangat bagus untuk menambah pegalaman anak pramuka.

Selain dari pembentukan karakter pribadi, kegiata pramuka juga membuat kita belajar apa artinya bergotog royong, kerja sama dan saling membutuhkan karena pramuka adalah kegiatan berkelompok, tak lupa pula mengajarkan kita berorganisasi dan dapat menumbuhkan jiwa kepemimpinan.

Di pramuka kita belajar segala hal yang sangat di butuhkan untuk kehidupan, anak pramuka biasanya dituntut memiliki jiwa bertangungjawab, menghadapi apa yang sudah kita berbuat. Masih banyak manfaat positif dari mengikuti pramuka dan yang pasti sangat dibutuhkan untuk dikehidupan kita kelak.

Anda mungkin dapat mengunjungi situs distropramuka.com untuk mencari atribut pramuka dan baju pramuka yang lengkap.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *