Arah rumah Yang bagus menurut Islam

Sebuah rumah di bangun sebagai tempat tinggal, Memiliki sebuah rumah layak huni dan baik adalah kebutuhan semua manusia . Rumah yang dibangun hendak nya bisa memenuhi kebutuhan siapapun yang tinggal di dalam nya .

Sebenar nya rumah atau bangunan yang didirikan dalam islam tidak lah begitu dipermasalahkan dalam hal bentuk nya, susunan maupun arah nya .

Akan tetapi sebaik nya hal hal tertentu di bangun sesuai dengan syariat islam dan bukan mengacu pada ramalan tatan seperti fengshui yang biasa dilakukan oleh masyarakat china .

Mau punya kantor keren dan inovatif ? , coba kesini portacamp container

Lalu bagaimana kah seharus nya rumah muslim dibangun? dan seperti apakah seharusnya arah rumah yang bagus ?

Untuk mengetahui nya , simak ulasan berikut ini :

Rumah dalam islam

Di dalam ajaran islam, sebuah rumah tidak hanya digunakan sebagai tempat tinggal keluarga . Tapi juga merupakan tempat ibadah dimana anggota keluarga di dalam nya melaksanakan ibadah sholat , khusus nya para wanita .

Kriteria rumah seorang muslim

Rumah seorang muslim memang tidak jauh berbeda dan tidak bisa di bedakan dengan rumah oran kafir ,baik dari segi bentuk nya. Namun tetap saja terdapat aturan dan kriteria sebuah rumah di bangun dalam islam , adapun yang menjadi tanah rumah seorang muslim sesuai syariat adalah sebagai berikut :

  • Rumah menghadap kiblat dan wc atau kamar mandi tidak boleh menghadap kiblat
  • Tidak terdapat lukisan,patung dan barang barang lain yang bentuk nya menyerupai makhluk ciptaan Allah
  • Terjaga kebersihan nya , terdapat saluran udara ,air yang baik . Islam adalah agama yang cinta kebersihan maka dari itu rumah seorang muslim haruslah terjaga kebersihan nya .
  • Tidak memelihara anjing , umat islam tidak bisa memelihara anjing dalam rumah nya karena malaikat tidak akan masuk ke dalam rumah dimana terdapat anjing di dalam nya
  • Ditanami pohon pohon yang asri untuk memberikan kesejukan kepada yang tinggal di dalam nya

Arah rumah dalam islam

Meski tidak ada dalil khusus yang menyebutkan tentang arah pembangunan sebuah rumah , dalam islam ada petunjuk dan anjuran yang bisa diikuti . Berikut adalah penjelan arah rumah menurut islam

  • Menghadap kiblat atau arah shalat , dalam hal ini sebuah rumah yang baik ,sebaik nya menghadap arah kiblat . Hal ini agar orang orang yang tinggal di dalam nya, maupun tamu yang berkunjung dapat mengetahui arah kiblat dengan benar .
  • Dekat dengan tempat ibadah ; arah rumah sebaik nya menghadap kiblat dan terletak dekat dengan tempat ibadah seperti masjid atau musholla. Hal ini ditujukan agar seseorang bisa pergi menuju masjid dengan mudah, dan mendengar adzhan yang dikumandangkan dengan jelas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *