7 Minuman Khas Indonesia Yang Pas Untuk Menghangatkan Tubuh

Negara Indonesia memiliki berbagai jenis kuliner yang nikmat dan lezat dan masing-masing memiliki ciri khas tersendiri. Jenis kuliner di Indonesia cukup beragam yang mencakup berbagai macam kuliner dari jenis minuman maupun makanan yang bercita rasa khas. Selain itu, di Indonesia, hampir setiap daerah memiliki beragam jenis kuliner yang berbeda-beda yang membuat jenis kuliner disini sangat bervariasi.

Diantara berbagai macam jenis kuliner di Indonesia, salah satu yang cukup digemari adalah jenis minuman. Minuman di Indonesia memiliki banyak sekali ragam dan beberapa diantaranya biasa disajikan sebagai minuman yang bisa menghangatkan tubuh. Pembuatan berbagai minuman tersebut bisa dilakukan dengan menggunakan berbagai alat modern yang dijual di berbagai toko mesin pengolah makanan.

Berikut adalah beberapa jenis minuman hangat khas Indonesia yang sangat pas diminum untuk menghangatkan tubuh:

STMJ (Susu Telor Madu Jahe)

STMJ atau Susu Telor Madu Jahe merupakan salah satu minuman khas Indonesia yang pas diminum untuk menghangatkan tubuh. Jenis minuman ini memadukan susu yang dicampur dengan telur mentah, madu, dan jahe yang diseduh dengan air panas. Susu telur madu jahe merupakan salah satu minuman hangat khas dari Jawa Timur khususnya dari wilayah Malang.

Wedang Uwuh

Wedang Uwuh adalah salah satu jenis wedang dari Jogjakarta yang dibuat dengan menyeduh beberapa daun dengan air panas. Nama wedang uwuh berasal dari bahasa Jawa dengan kata wedang berarti minuman dan uwuh berarti sampah. Warna yang dihasilkan dari dedaunan tersebut menghasilkan warna merah pada wedang uwuh dan memiliki rasa manis pedas dengan aroma harum.

Secang

Secang adalah jenis minuman yang biasa juga disebut wedang secang dan berasal dari Trowulan di Mojokerto, Jawa Timur. Bahan untuk membuat wedang ini terdiri dari kayu secang, gula, daun pandan dan bahan lainnya yang diseduh dengan air hangat. Minuman khas Mojokerto ini bisa disajikan sebagai minuman hangat maupun disajikan dingin dengan tambahan es.

Bajigur

Bajigur adalah minuman hangat dan manis yang merupakan salah satu kuliner khas Sunda dari Provinsi Jawa Barat. Terbuat dari campuran santan kelapa yang dicampurkan dengan gula aren serta tambahan daun pandan, bajigur sangat nikmat disajikan hangat. Sebagai pelengkap, biasanya bajigur dinikmati bersama dengan berbagai jenis makanan ringan seperti pisang goreng, kacang rebus, maupun singkong rebus.

Bandrek

Bandrek adalah minuman sejenis dengan bajigur yang juga berasal dari Jawa Barat terutama di beberapa daerah yang dingin. Campuran bahan yang digunakan pada bandrek sedikit berbeda dari bajigur dimana bandrek menggunakan ekstrak jahe, gula merah, dan kayu manis. Beberapa orang percaya, bahwa bandrek cukup berkhasiat sebagai alternatif untuk menyembuhkan radang tenggorokan, masuk angin, dan sejenisnya.

Sarabba

Sarabba merupakan salah satu jenis minuman hangat yang berasal dari kota Makassar di provinsi Sulawesi Selatan. Bahan-bahan yang digunakan untuk membuat sarabba terdiri dari jahe merah, gula aren, dan krimer yang diseduh dengan air panas. Rasanya hampir mirip dengan bandrek dan sangat pas diminum sebagai minuman penghangat tubuh ketika cuaca sedang dingin.

Teh Talua

Teh Talua merupakan salah satu minuman penghangat tubuh khas dari masyarakat Minang di provinsi Sumatera Barat. Minuman ini terbuat dari teh dengan kuning telur yang diseduh dengan air panas serta ditambah gula dan jeruk nipis. Banyak orang percaya khasiat teh talua yang bisa meningkatkan stamina tubuh serta meningkatkan daya tahan tubuh sehingga lebih sehat.

cara membuat stik bawang

stik bawang

Stik bawang tentu saja semua orang sudah mengetahuinya, camilan renyah dan gurih ini cocok sebagai camilan saat santai. Siapa pun dapat menikmati kelezatan batang bawang ini karena sudah banyak yang menjual dan menjajakan batang bawang dengan harga terjangkau. Kue bawang atau bawang ini memang bisa dijadikan bisnis. Stik bawang ini sudah sangat populer di masyarakat karena memang banyak yang menjalankan bisnis stik bawang. Stik bawang sangat populer di kalangan anak-anak hingga orang tua.

Kue bawang sederhana ini dapat dibuat sendiri dengan cara yang mudah untuk menyelesaikan berbagai menu makanan ringan sederhana di rumah sehingga Anda tidak perlu menunggu hari Idul Fitri untuk melengkapi kue-kue Anda. Rasa gurih dan renyah merupakan ciri khas dari kue olahan goreng ini dan dapat dibuat dalam berbagai bentuk seperti keripik bawang bahkan dengan resep yang sama, sedangkan kali ini adalah stik.

Membuat kue bawang sangat mudah, bahan yang dibutuhkan untuk membuat kue bawang ini sangat sederhana. Bahan untuk membuat batang bawang ini adalah tepung, telur, mentega, garam, bawang putih, dan minyak goreng. Bahan-bahan untuk membuat batang bawang ini dapat diperoleh dengan mudah di beberapa toko terdekat atau di supermarket.

Cara membuat Stik Bawang

Bahan:

• ½ kilogram tepung

• 1 kg tepung kanji atau tepung sagu

• 6 batang seledri

• 100 gram bawang putih, haluskan dan kupas dengan mesin pengupas bawang

• 2 tumpukan kaldu ayam bubuk

• 3 butir telur ayam, dikocok

• 3 sendok makan mentega

• 1 sendok makan garam halus

• 700 ml air

Cara Membuat Stik bawang:

1. Campur tepung dengan air lalu tambahkan bawang putih halus, seledri, bawang merah halus, telur kocok, perasa, kaldu ayam bubuk, margarin, aduk dengan mixer .

2. Selanjutnya memasak menggunakan api sedang dan aduk – aduk sampai campuran menjadi kental.

3. Kemudian pindahkan adonan ke dalam wajan dan tambahkan tepung sagu, aduk sampai adonan menjadi halus.

4. Ambil sedikit adonan, dan bulatkan dengan diameter sekitar 7 cm, jika ditumbuk dengan bawang atau cetakan kue ampia dengan ketebalan yang diinginkan.

5. Potong adonan sepanjang 5 cm lalu gulung menggunakan cetakan mie.

6. Kemudian goreng menggunakan minyak panas sampai warnanya berubah kuning kecoklatan, angkat dan tiriskan.

7. Agar batang bawang bisa bertahan lama kemudian simpan dalam wadah tertutup rapat.

Jika batang bawang dijalankan dengan baik, mereka dapat menghasilkan keuntungan yang baik. Apalagi prospek menjalankan bisnis bawang merah sangat tinggi. Siapa pun yang menjalankan bisnis ini karena cara membuatnya mudah dan tidak butuh waktu lama. Dengan menampilkan kualitas rasa batang bawang dan kemasan yang unik tentunya bisnis bisa berjalan dengan mudah.

Harga untuk batang bawang ini untuk dijual dapat bervariasi sesuai dengan berat yang dijual. Harga rata-rata batang bawang ini adalah Rp. 4.000 untuk paket berukuran sedang. Harga batang bawang ini terjangkau sehingga bisa dinikmati siapa saja.

Penggemar batang bawang ini dapat berasal dari berbagai kalangan sehingga jika Anda menjalankan bisnis stik bawang Anda akan dapat menjual dengan cepat karena semua orang menyukai rasa batang bawang dan teksturnya yang renyah.

Sangat mudah untuk mempromosikan stik bawang merah kepada masyarakat, dengan memasarkannya ke beberapa toko atau warung yang biasanya dikunjungi oleh masyarakat. Pemasaran dapat menggunakan media sosial untuk menjual lebih cepat. Untuk membuatnya lebih menarik, Anda bisa membuat label pada bawang merah sehingga nantinya banyak orang mengetahui produk bawang merah tersebut.